Jumat, 17 Februari 2012

Cara Membuat Alat Penetasan Telur

Cara Membuat Alat Penetasan Telur
Cara membuat alat penetasan telur ini nantinya akan kurencanakan menjadi salah satu bahan ajar yang ada di sekolah. Cara membuat alat penetasan telur ini juga sudah mulai dipraktikkan oleh beberapa pengajar yang lain. Kali ini aku sedang berada di kantin menikmati makan siangku. Aku membuat makanan khas Palembang, kakakku yang mengajari cara membuatnya. Suaminya adalah orang Palembang jadi dia sedikit-sedikit bisa memasak makanan khas Palembang. Kota ini memiliki komunitas Tionghoa cukup besar. Makanan seperti pempek atau tekwan yang terbuat dari ikan mengesankan "Chinese taste" yang kental pada masyarakat Palembang.

Pempek, makanan khas Palembang yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan bahan dasar utama daging ikan dan sagu, masyarakat Palembang telah berhasil mengembangkan bahan dasar tersebut menjadi beragam jenis pempek dengan memvariasikan isian maupun bahan tambahan lain seperti telur ayam, kulit ikan, maupun tahu pada bahan dasar tersebut. Ragam jenis pempek yang terdapat di Palembang antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak - otak. Sebagai pelengkap menyantap pempek, masyarakat Palembang biasa menambahkan saus kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula merah, cabe dan udang kering yang oleh masyarakat setempat disebut saus cuka (cuko). Tekwan, makanan khas Palembang dengan tampilan mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil - kecil mirip bakso ikan yang kemudian ditambahkan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap. Model, salah satu olahan pempek yang menggugah selera. aku teringat dengan cara membuat alat penetasan telur

Pindang ikan patin khas Palembang, rasanya pedas, asam dan gurih. Model, mirip tekwan tetapi bahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk menyerupai pempek tahu kemudian dipotong kecil kecil dan ditambah kaldu udang sebagai kuah serta soun sebagai pelengkap. Ada 2 jenis model, yakni Model Ikan (Model Iwak) dan Model Gandum (Model Gendum). Beberapa menit kemudian jam tanda masuk berbunyi, aku segera bergegas ke ruang guru mengambil perlengkapanku dan aku segera menuju ke ruangan kelas tempat nantinya aku akan mengajar. Hari ini akan ada ujian praktik berdialog dalam bahasa inggris. Saat aku meletakkan perlengkapan, ada suara teriakan dari luar dan aku segera berlari di mana asal suara itu, saat aku mendekati kerumunan anak-anak aku melihat salah seorang muridku sudah terkapar di tanah dengan darah mengalir dari perutnya. Dia masih bernafas dan air matanya keluar dari sudut matanya. Aku segera membopongnya ke atas kasur yang ada di UKS dan aku meminta seseorang untuk memanggil ambulans dan orang tua anak ini. Ambulans adalah kendaraan transfortasi orang sakit atau cedera, dari satu tempat ke tempat lain guna perawatan medis. Istilah Ambulans digunakan menerangkan kendaraan yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Kendaraan ini dilengkapi dengan sirene agar dapat menembus kemacetan lalu lintas. Istilah Ambulans berasal dari bahasa Latin Ambulare berarti berjalan atau bergerak yang merujuk pada perawatan saat pasien dipindahkan dengan kendaraan. Istilah ini awalnya mengartikan rumah sakit bergerak yang dipakai dalam militer. Semenjak peristiwa itu, aku teringat dengan cara membuat alat penetasan telur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar